Klik Halaman ku

pesan mistis

Monday, July 16, 2012

Bajak Akun Facebook?


BEBERAPA METODE YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMBAJAK (MENCURI, MENGAMBIL ALIH) AKUN FACEBOOK.
Forward dari artikel
M. Salahuddien    :  Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure
Sam Ardi              :  Pemerhati cyber Law dan Cybercrime.

Published by : EliTe
Beberapa  hari  ini  media  memberitakan  tentang  pencurian  password  akun  facebook  user  di beberapa tempat baik di Indonesia maupun luar negeri. Para korban mengaku setelah log out terakhir  kali  dan  keesokan  harinya  mencoba  log  in  ternyata  gagal  mengakses  dengan beberapa alasan seperti
“password dan username tidak cocok” ataupun “akun tidak eksis”. Di beberapa  social  networking  lainnya,  seperti  twitter  dan  plurk  sempat  dilaporkan  kejadian yang sama pernah terjadi. Username dan password tiba-tiba tidak cocok dikarenakan sesuatu hal, atau dapat kita ambil benang merah, password mereka ada yang mengganti. Apakah  ada  suatu  teknik  cracking  untuk  membobol  akun  facebook  antar  indvidu?
Jawabannya  ada beberapa.  Lalu  pertanyaan  selanjutnya  adalah,  apakah  ada  teknik  untuk melumpuhkan  akun  facebook  atau  social  networking  lainnya.  Teknik  yang  terungkap  untuk menyerang  akun  facebook  beberapa  waktu  lalu  adalah  dengan  membanjiri  data  pada  server facebook  dengan  teknik  DDOS  atau  biasa  dikenal  dengan Distributed  Denial  of  Service sehingga server lumpuh selama beberapa jam seperti  yang terjadi pada facebook dan twitter tahun 2009 oleh cracker dari Rusia. Kemungkinan seperti ini perlu kita waspadai. 

KEYLOGGER
Cara pertama  menggunakan  keylogger  adalah  cara  yang  sangat  efektif  bagi  para  cracker  untuk  mencuri  password  dari  akun  facebook  anda.  Dengan  menginstall  software  dan  atau hardware  keylogger  pada  notebook  maupun  PC  sasaran,  maka  otomatis  segala  bentuk ketukan  pada keyboard  maupun  aktiftas  browsing  anda  akan  terekam  dengan  detail  dan sistematis.  Sehingga  jika  anda  mengetikan  password  dan  username  pada  notebook  atau  PC yang  telah  dipasangi  keylogger,  anda  dengan  penuh  kerelaan  hati  telah  menyerahkan  data pribadi  sensitif  tersebut  pada  orang  yang  memasangnya,  karena  keylogger  ibarat  kertas karbon yang akan membuat salinan tentang sesuatu yang ditulis diatasnya.
Keylogger  biasanya  dipasang  oleh  cracker  pada  terminal  akses  internet  publik  yang  berbagi pakai seperti di warnet dan kampus. Maka berhati-hatilah ketika menggunakan akses seperti ini. Pertama, jangan langsung menggunakan terminal melainkan lakukan restart. Kedua, coba cek apakah ada aplikasi tersembunyi yang berjalan di memori background, anda bisa gunakan tools  event  task  manager  (tekan  tombol  ctrl  +  alt  +  del  pada  desktop  windows  anda)  dan perhatikan  apakah  ada  aplikasi  atau  proses  yang  tidak  biasa?  Memang  anda  perlu  sedikit belajar dan membiasakan hal ini demi keamanan anda sendiri. Ketiga, cek setting keamanan pada browser yang anda gunakan apakah secara otomatis merekam username  dan password?
Sebaiknya  matikan  fitur  ini  dan  apabila  ada  fitur  anti  phising  site  bisa  diaktifkan.  Keempat, bersihkan/hapus cache dan history secara otomatis setiap kali menutup browser. Ini bisa anda  lakukan  pada  setting  browser.  Kelima,  pastikan  bahwa  setiap  selesai  melakukan  kegiatan anda selalu log out dengan sempurna. 

SNIFFING
Teknik kedua adalah dengan menggunakan tools yang biasa digunakan sniffing seperti Cain and Abel pada area yang terkoneksi WiFi jadi tools tersebut memang “mencari aktifitas” pada laptop-laptop yang terkoneksi. Maka anda harus berhati-hati juga apabila sedang mobile dan mengakses  HotSpot.  Pada  prinsipnya  akses  wireless  sangat  mudah  untuk  diintip.  Jangan begitu saja mempercayai SSID “Free WiFi atau Free HotSpot” saat anda scanning wireless network. Yang paling aman adalah bertanya pada pengelola HotSpot area tersebut apa SSID yang resmi? Kemudian setting akses wireless pada notebook anda untuk tidak “auto connect” melainkan harus manual agar anda bisa meneliti terlebih dahulu. Ketika anda melakukan akses dari jaringan WiFi HotSpot sebaiknya hindarkan transaksi pada situs yang kritis seperti e-banking, akses email, akun jejaring sosial dlsb. Browsing hal yang umum saja kecuali anda yakin benar bahwa tidak ada yang berusaha mengintip aktivitas anda dan jaringan tersebut bisa dipercaya. Meskipun demikian, pastikan bahwa anda selalu  akses dengan memilih mode secure connection yaitu menggunakan HTTPS yang biasanya ditandai dengan munculnya icon gembok terkunci pada browser anda. Dengan akses HTTPS ini maka antara  anda  dengan  server  layanan  yang  diakses  telah  dilindungi  dengan  enkripsi  sehingga tidak  mudah  diintip  oleh  orang  yang  tidak  berhak.  Pastikan  anda  sudah  masuk  ke  mode secure sebelum memasukkan username dan password atau PIN.  

PHISING
Cara  ketiga  adalah  dengan  mengklik  url  yang  diberikan  oleh  aplikasi  facebook  maupun  via email yang mengatasnamakan facebook. Atau menjebak anda dengan tawaran aplikasi asing pada facebook  merupakan  aplikasi  yang  lepas  dari  maintenance  facebook  sendiri.  Aplikasi tersebut  dapat  dibuat  oleh  siapa  saja  dan  kapan  saja  dan  random  sifatnya.  Untuk  mencuri username  dan  password  tersebut,  biasanya  korban  disuruh  mengakses  link  tersebut  dan diperintahkan memberikan password dan usernamenya. Perhatikan contoh berikut:
Contoh 1:
Anda diminta untuk mengakses link tertentu:
http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fwww.girlcam-facebook.com%2Fapps%2Ffacebook%2Fbookmark%2526amp%253bcode2432kn4khkh34&h=f2a5c
924ad5de97a77f440ac31753781
Namun ketika anda mengkliknya anda harus log in dahulu di halaman tersebut, padahal anda sebelumnya  sudah  log  ini  terlebih  dahulu.  Jangan  pernah  anda  masukan  username  ataupun password jika anda menemui hal janggal seperti  ini, karena dapat diindikasikan hal tersebut adalah phising dengan menggunakan fake log in facebook, perhatikan screenshoot di bawah:
Ada  sesuatu  yang  janggal,  anda  sudah  log  in  sebelumnya  dan  ketika  anda  mengakses  link diatas  anda  disuruh  log  in  kedua  kalinya.  Jelas  ini  adalah  bentuk  phising  di  mana  sang pencuri  password menipu  anda  dengan  mendesain  halaman  “orisinil”  dari  facebook. Perhatikan dengan baik-baik url pada kolom tempat anda memasukan url, agar tidak menjadi korban. Dan perhatikan apabila anda mendapatkan peringatan dari facebook semacam ini:
munculnya  halaman  peringatan  facebook  ini  menandakan  bahwa  anda  sebenarnya  sedang mengakses  situs  (url)  lain  di  luar  web  site  resmi  facebook,  sehingga  anda  perlu  berhati-hati dan jangan pernah memberikan apabila diminta memasukkan ulang username dan password atau  jangan  pernah  melakukan  bila  diminta  mendownload  suatu  software,  program,  aplikasi atau dokumen tertentu yang sekilas nampaknya berguna atau menarik (misalnya games, tools dlsb.) karena bisa jadi itu sebenarnya adalah malware.
Masalahnya adalah, kebanyakan pengguna facebook kurang memperhatikan pesan peringatan seperti  ini,  tidak  membaca  isinya  atau  karena  kurang  memahami  maksudnya  dan  kendala bahasa dan mengabaikannya. Perlu dibiasakan, apabila menjumpai hal yang tidak biasa atau meragukan  bahkan  anda  tidak  mengerti  apa  maksudnya,  maka  tindakan  paling  aman  adalah selalu menolak dan memilih klik tombol “cancel”. Atau langsung tutup halaman tersebut, sampai anda mendapatkan keterangan yang terpecaya.
Contoh 2:
Dahulu  ada  sebuah  group  di  dalam  facebook  yang  memberikan teknik  untuk  mengambil password akun orang lain dengan alamat tersebut: 
http://www.facebook.com/group.php?gid=202000763768
Kemudian kita lihat apa yang tertera pada halaman group “Cara Mengetahui Password Teman Anda” tersebut:

      KLIK "Join this Group" ATAU "Gabung ke Grup Ini"
(hanya anda yang telah bergabung yang bisa menggunakan fasilitas ini!)
      KLIK "Invite People to Join" ATAU "Undang Orang untuk Bergabung"
      CENTANG Semua teman anda, minimal 100 orang agar bisa berjalan!
hanya teman anda yang telah di undang yang bisa anda lihat segala aktivitasnya di facebook anda!)
      KLIK Tombol "Send Invitations" ATAU "Kirim Undangan"
kirim pesan ke admin facebook dengan mengcopy link :
http://www.facebook.com/home.php?#/i....3256059163..1
 KEMUDIAN kirim pesan dengan petunjuk berikut:
 .gx=0&.tm=1259467892&.rand=fnvrjkff2bk4e|(ALAMAT EMAIL
ANDA)/config/login?.src=fpctx&.intl=us&.done=http%3A%2F%2Fm(PAS SWORD EMAIL
ANDA)||202000763768&ref=nf##hl=id&source=hp&q=/7601524/id/f#id(ALAMAT EMAIL YANG
AKAN ANDA KETAHUI PASSWORDNYA)

klik send email  
kemudian dengan menunggu konfirmasi balasan dari facebook admin dalam waktu 24jam, anda
akan mendapat email balasan dan mengetahui password facebook teman anda.
==================================================
Perhatikan  kalimat  yang  cetak  tebal  tersebut,  ada  sesuatu  yang  ganjil  bukan?  Anda  ingin mengetahui  password  orang  lain  tetapi  anda  sebelumnya  disuruh  memasukan  password  dan username anda terlebih dahulu. Jelas ini merupakan upaya jebakan terhadap akun anda. Harus selalu  diingat  bahwa  username  dan  password  adalah  sesuatu  yang  vital,  sama  seperti  PIN ATM  biarlah  anda,  pihak  bank  dan  Tuhan  saja  yang  mengetahuinya.  Jangan  pernah  berikan kepada  pihak  lain,  apapun  alasannya  termasuk  permintaan  dari  seseorang  yang  mengaku sebagai admin. Sebab kalau benar dia adalah admin, tentu tidak memerlukan username serta password anda untuk melakukan maintenance atau tindakan apapun.
Terakhir, selalu ketikkan langsung alamat url situs pada jendela browser anda. Sebab ada juga malware yang menambahkan link bookmark sehingga anda mengira bahwa itu resmi padahal adalah penyesatan (phising). Malware yang lebih canggih bahkan bisa merubah informasi di etc/host  yang  memetakan  alamat  url  secara  statik  pada  komputer  anda  tanpa  menggunakan mesin DNS. Sehingga ketika anda mengetikkan  alamat jejaring sosial ternyata diarahkan ke phising site. Karena itu sangat penting untuk selalu waspada dan memeriksa keabsahan suatu url dan mengetahui adanya ketidakwajaran walaupun agak sulit.

SOCIAL ENGINEERING
Sekarang ini mulai banyak korban berjatuhan akibat upaya pembajakan akun facebook yang menggunakan  teknik  social  engineering. Terutama  memanfaatkan  kelemahan  prosedur  akun email  gratisan  seperti Yahoo!  Mail.  Seseorang  atau  cracker  bisa  berpura-pura  menjadi  anda dan mencoba mendapatkan akses tidak sah dan membajak akun email anda. Caranya dengan mengikuti prosedur kehilangan password. Biasanya layanan email gratisan akan menanyakan beberapa kata kunci untuk konfirmasi seperti kombinasi “di mana tempat bulan madu anda?” atau “siapa nama hewan peliharaan anda yang pertama” atau “siapa nama paman atau tante yang jadi favorit anda?”. Jawaban atau kata kunci dari pertanyaan konfirmasi seperti ini dulu pernah anda isikan ketika pertama kali mendaftarkan akun email tersebut. 
Sekarang melalui facebook, seseorang atau cracker bisa dengan mudah mengelabui anda. Dia akan berpura-pura melamar sebagai teman anda. Kemudian mencari tahu alamat email anda. Ketika  dia  mengetahui  bahwa  anda  menggunakan  alamat  email  gratisan,  maka  mulailah  dia mengajak anda berkomunikasi. Dengan cara tertentu dia akan mengkorek sejumlah informasi yang seharusnya anda rahasiakan. Begitu anda memberikan informasi yang diperlukan untuk mengakses  prosedur  kehilangan  password  di  layanan  akun  email  gratisan,  maka  si  cracker akan  menguasai  akun  email  anda.  Selanjutnya  dia  akan  melakukan  prosedur  yang  sama kepada  akun  facebook  anda,  yaitu pura-pura  lupa  password  dan  mencoba  membajaknya.
Facebook biasanya akan mengirimkan email “password sementara” ke alamat email utama anda  yang  sialnya  sudah  dikuasai  oleh  si  cracker.  Sehingga  dengan  mudah  dia  menguasai akun  facebook  anda  juga.  Begitu  dia mengganti  password  akun  facebook  anda,  maka selanjutnya anda akan ditolak untuk mengakses aku facebook anda sendiri.
Seorang cracker yang membajak akun facebook anda biasanya akan memanfaatkannya untuk beberapa tujuan jahat. Yang pertama adalah untuk melakukan impersonating atau pemalsuan identitas  dengan  maksud  untuk  memfitnah,  menjelek-jelekkan  dan  menjatuhkan  martabat anda  sebagai  pemilik  akun  yang  sesungguhnya.  Misalnya  dia  menyerang  dan  melakukan suatu  tindakan  yang  tidak  disukai  teman-teman  anda  sehingga  di  dunia  nyata,  semua  orang menjadi  memusuhi  anda  tanpa  anda  sadari.  Yang  kedua  adalah  untuk  menipu  teman-teman anda. Telah banyak laporan di luar negeri maupun juga di Indonesia, bahwa sejumlah orang dimintai  tolong  oleh  teman  lamanya  di  facebook  untuk  mengirimkan  sejumlah  uang  karena beberapa alasan, yang klasik adalah mengaku kecopetan atau kerampokan atau di akhir pekan tidak  bisa  mengambil  uang  untuk  pengobatan  dsb. Atau  mengajak  bertransaksi  sesuatu  tapi  sebenarnya akun facebook itu telah dibajak oleh orang lain.
1.   Jangan mudah menerima permintaan pertemanan  dari orang  yang sama sekali belum anda kenal, terutama yang tidak memiliki mutual friend.
2.    Anda  selalu  memiliki  kesempatan  untuk  melakukan  konfirmasi  kepada  teman  yang ada di dalam mutual friend seseorang yang mencoba meminta pertemanan pada anda. Sebab  memang  itulah  salah  satu  gunanya  facebook  menampilkan  informasi  mutual friend yaitu agar anda bisa melakukan verifikasi terlebih dahulu. Apabila teman anda mereferensikan dan mengkonfirmasi keabsahan calon teman tersebut baru “lamaran” tersebut bisa dipertimbangkan untuk diterima.
3.   Cara  lain  untuk  mengkonfirmasi  suatu  permintaan  pertemanan  adalah  mengirimkan message kepada  yang bersangkutan. Dengan komunikasi ini anda dapat menanyakan siapakah dia sebenarnya (seringkali nama akun yang ditampilkan adalah julukan atau nama alias yang tidak membantu anda untuk mengingat siapakah calon teman itu) dan melakukan konfirmasi lainnya yang diperlukan. Misalnya, melakukan komunikasi off line  (telepon)  atau  pertemuan  on  line  web  cam  atau  bahkan  off  line  adalah  cara  lain untuk melakukan konfirmasi keabsahan calon teman.
4.   Jangan  terburu-buru  dan  berhati-hati  dalam  menyampaikan  sejumlah  informasi pribadi yang sekilas nampaknya tidak penting tetapi ternyata merupakan kunci untuk membobol  akun  email  anda.  Pertanyaan  yang  sepertinya  menunjukkan  antusiasme pada satu hal yang sama (binatang kesayangan, tempat wisata favorite, cerita tentang keluarga, memasang album foto event tertentu dlsb.) tanpa sengaja bisa memaparkan informasi pribadi yang seharusnya anda rahasiakan.
5.   Anda  mungkin  tanpa  sadar  telah  memaparkan  informasi  yang  seharusnya  rahasia  itu dalam profile anda. Atau dalam words caption di album foto anda. Misalnya menulis nama  binatang  kesayangan  anda  persis  di  bawah fotonya  bahkan  ada  orang  yang secara  khusus  membuatkan  akun  facebook  untuk  binatang  kesayangannya  lengkap dengan semua profilenya. Atau memasang foto dan menyebut lokasi bulan madu dan atau memberikan tagging pada foto keluarga (termasuk paman yang menjadi favorite anda) dlsb. Beragam ketidaksengajaan semacam itu.
6.   Berhati-hati dan pikirkanlah berkali-kali kemungkinan manfaat dan kerugiannya bila anda harus menampilkan informasi pribadi di halaman info akun facebook anda. Anda punya  pilihan  untuk  tidak  menuliskan  informasi  itu,  misalnya  binatang  kesayangan, toh  sebenarnya  apabila  ada  yang  ingin  tahu,  bisa  menanyakannya  secara  pribadi melalui fasilitas message langsung kepada anda. Anda juga bisa memilih setting untuk membatasi  akses  orang  lain  ke  informasi  tertentu  di  akun  facebook  anda.  Misalnya anda bisa menyembunyikan alamat email. Manfaatkan fitur setting pengamanan akun facebook ini semaksimal mungkin dan pikirkanlah. 
7.  Sebisa  mungkin  dan  jikalau  memungkinkan  hindari  menggunakan  layanan  email  tak berbayar untuk  akun  facebook  anda.  Gunakanlah  akun  email  lokal  misalnya  yang diberikan  oleh  kantor  anda  (kalau  diijinkan  untuk  pribadi),  menyewa  akun  email  ke ISP (sebenarnya harganya murah atau bahkan  gratis apabila anda menjadi pelanggan ISP tersebut) atau anda membuat domain pribadi sendiri dan meminta tolong layanan jasa  hosting  untuk  membuatkan,  apabila  anda  tidak  memiliki  keterampilan  teknis sendiri.  Intinya,  akun  email  lokal  atau  milik  sendiri  lebih  aman  dari  teknik  serangan social  engineering  ini  terutama  karena  prosedur  untuk  konfirmasi  kehilangan password  atau  bila  terjadi  compromise  biasanya  dilakukan  secara  manual  dengan teknik  identifikasi  off  line  bukan  by  system  yang  otomatis  tapi  menggunakan algoritma pengamanan yang terlalu sederhana seperti layanan email gratisan.
8.   Selalu  tambahkan  alamat  email  sekunder  pada  akun  facebook  anda  dan  juga  pada akun  email  gratisan  yang  anda  gunakan  apabila  memang  terpaksa  tidak  ada  pilihan selain  harus  menggunakan  layanan  tersebut.  Sembunyikan  atau  jangan  pernah  anda tunjukkan  kepada  siapapun  dengan  alasan  apapun  alamat  email  sekunder  anda  itu. Dan secara periodik ubahlah semua password anda sesuai anjuran pengamanan seperti menggunakan  kombinasi  huruf,  angka  dan  karakter  khusus  serta  panjang  password minimal  6  atau  8  karakter  yang  sulit  ditebak  orang  lain  dan  bila  sulit  menghapalnya jangan  simpan  catatannya  di  tempat  yang  mudah  diketahui.  Atau  gunakan  fasilitas aplikasi password management untuk membantu anda. Ada banyak yang gratis.
9.  Meskipun tidak lazim, namun demi untuk keamanan, backuplah data friend list anda. Informasi penting seperti nama profile accountnya, url halaman facebooknya, alamat email dan juga telepon (kalau ada). Sehingga apabila terjadi sesuatu anda bisa segera memberikan peringatan, misalnya melalui email dan akan berguna apabila kelak anda membuka akun facebook yang baru dan terpaksa harus memasukkan satu per satu lagi friend list anda tersebut. Backup memang sedikit merepotkan namun penting.
10. Apabila  anda  terlanjur  menjadi  korban  pembajakan  akun  facebook  maka  anda  dapat melakukan 4 hal. Pertama, peringatkan semua orang bahwa akun anda telah dibajak. Upaya ini bisa anda lakukan lewat berbagai saluran seperti email, telepon, milis, chat, blog dlsb. Demi untuk mencegah orang lain, teman, famili anda yang ada di friend list menjadi korban misalnya penipuan.
11. Kedua, patut secepatnya (anda berlomba dengan si pembajak sebelum dia mengganti alamat  email  utama  dan  sekunder  anda)  mencoba  untuk  mendapatkan  kembali  akun anda melalui prosedur lupa atau kehilangan password. Apabila berhasil, segera  ganti alamat  email  anda  dan  passwordnya  dan  sembunyikan  jangan  ditampilkan  dengan mengubah setting keamanan akun anda. Jangan buru-buru log out untuk mencegah si pembajak  mencoba  mengambil  alih  juga.  Dan  jangan  log  out  sampai anda  berhasil mengganti alamat email utama dan sekunder anda serta mengisi password yang baru sekaligus  menerapkan  setting  pengamanan  yang  lebih  tertutup (melindungi/menyembunyikan alamat email anda). 
12. Ketiga,  melaporkan  kepada  tim  keamanan  facebook  bahwa akun  anda  telah  dibajak, alamatnya  adalah: http://www.facebook.com/help/?page=1023 atau  apabila  link  tersebut telah  berubah  anda  dapat  mencarinya  di  halaman  HELP. Anda  akan  diminta  mengisi form  dan  selanjutnya  akan  ada  korespondensi  dengan  tim  keamanan  facebook  yang akan  berusaha  mengkonfirmasi  kebenaran  laporan  anda  dan  apabila  semua  berjalan dengan  baik,  mungkin  akun  anda  dapat  dikembalikan.  Namun  pastikan  bahwa sebelum melaporkan, anda sudah memiliki alamat email yang baru dan aman.
13.  Yang keempat, apabila semua upaya mengembalikan akun anda gagal, maka segeralah membuka  akun  facebook  baru,  amankan  informasinya  agar  tidak  dibajak  orang  lagi dan  add  semua  teman  anda  (semoga  anda  melakukan  back  up).  Kemudian  bersama-sama ajaklah mereka semuanya untuk melaporkan akun lama anda  yang dibajak tsb,sebagai akun yang melakukan abuse, fraud, compromise dan impersonating sehingga nanti akan ditutup atau diblokir oleh facebook.

Yang terakhir jangan gunakan alamat email, username dan password yang sama untuk semua layanan  online  yang  anda  ikuti.  Selalu  update  pengetahuan  anda  mengenai  isu  keamanan layanan jejaring sosial dan senantiasa waspada ketika aktif di dunia maya.

No comments:

Post a Comment

]]>